Sunday 14 September 2014

Trainer Mikrokontroler dengan Visual Basic 6.0

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang siswanya itu sendiri tidak merasa sedang belajar, padahal sebenarnya proses belajar sedang berjalan. Selain itu, pembelajaran sebaiknya berpusat pada siswa dan dilakukan dengan beberapa metode dilengkapi dengan media pendidikan yang interaktif.
Trainer Mikrokontroler dengan Visual Basic 6.0 adalah suatu media pembelajaran yang dirancang khusus untuk menangani kemalasan siswa akibat bosan, sulit memahami materi mikrokontroler, sulit memahami pemrograman Visual Basic dsb. Kami telah melakukan penelitian dengan judul MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER AVR UNTUK SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTADalam penelitian ini, uji pemakaian oleh siswa menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran trainer mikrokontroler siswa tidak merasa sedang belajar, namun seolah siswa sedang bermain. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tujuan pembelajaran yang jelas, adanya hasil yang jelas, dan disertai keruntutan proses pembelajaran. Berikut gambaran trainer mikrokontroler tersebut.

Trainer Mikrokontroler dengan Visual Basic 6.0 dirancang khusus untuk menanggapi Kurikulum 2013. Dimana siswa SMK Teknik Industri dan Audio Video dituntut untuk memahami pemrograman mikrokontroler dengan interface menggunakan Visual Basic. Trainer ini merupakan  media pembelajaran terintegrasi. Terdapat 1 modul utama yang support dengan chip ATmega 8535/16/32 dengan kemasan DIP 40, dan terdapat 9 jenis I/O Led, Push Button, 7 Segmen, Dot Matrix, LCD, Motor DC, Sensor Suhu, RS232, Potensio Meter. Pengguna juga dapat memesan model I/O yang diinginkan. Berikut gambaran proses pembelajaran menggunakan trainer ini.



Pada modul RS232 dilengkapi dengan kabel USB to RS232. Media pembelajaran ini juga dirancang untuk dapat berkomunikasi dua arah dengan komputer. Komunikasi dapat menggunakan Visual Basic, Delphi, Visual Studio, dll. Melalui protokol Ms.Com Port. Berikut contoh interface menggunakan Visual Basic, dimana komputer melalui Visual Basic dapat mengendalikan lampu, Motor, LCD, dsb pada trainer.  Sebaliknya, trainer mikrokontroler juga dapat mengirimkan data, misalnya data dari penekanan push button sehingga shape 1 (action) menyala merah. Dapat pula dalam bentuk pembacaan sensor suhu yang ditampilkan (27) berikut screen shoot interface Visual Basic.